SEKRETARIAT

Subbag Umum & Kepegawaian

Pelaksanakan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, serta informasi publik Dinas

Subbag Keuangan

Membantu Sekretaris dalam melaksanakan kegiatan penyusunan administrasi keuangan Dinas

Subbag Sungram

Pelaksanakan kegiatan penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan Dinas

Profil Sekretariat

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman

Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman adalah satuan organisasi yang melakasanakan pekerjaan office service atau jasa-jasa perkantoran, misalnya dalam hal penyambungan telepon, pengadaan dan pemeliharaan mesin-mesin kantor, tata ruang kantor, pembuatan formulir, komputerisasi, surat menyurat dan kearsipan.


Tugas Pokok dan Fungsi

Sekretariat mempunyai tugas memimpin, membina dan mengkoordinasian perumusan kebijakan teknis kesekretariatan yang meliputi urusan administrasi penganggaran, akuntansi, pengelolaan keuangan, surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, kepegawaian, penyusunan program Dinas, monitoring, evaluasi dan pelaporan serta kegiatan umum lainnya

Sekretariat dipimpin oleh sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas dan membawahi sub bagian yang dipimpin oleh kepala sub bagian dan bertanggungjawab langsung kepada sekretaris.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Sekretariat menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan kesekretariatan;
  2. pengoordinasian penyusunan dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  3. pengoordinasian penyusunan dan pelaksanaan RKA dan DPA;
  4. pelaksanaan dan pembinaan ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan;
  5. pengelolaan urusan kehumasan, keprotokolan, kepustakaan, dan layanan informasi dan pengaduan;
  6. pelaksanaan administrasi dan pembinaan kepegawaian;
  7. pengelolaan anggaran Dinas dan penerimaan Dinas/retribusi;
  8. pelaksanaan administrasi keuangan dan pembayaran gaji pegawai;
  9. pelaksanaan verifikasi Surat Pertanggungjawaban keuangan;
  10. pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  11. fasilitasi penyusunan dan pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Standar Pelayanan Publik (SPP), Maklumat Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);
  12. pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat/pelanggan;
  13. pengelolaan pengaduan masyarakat sesuai tugas fungsi Dinas;
  14. pengelolaan informasi dan dokumentasi dan pelaksanaan fungsi Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Pembantu;
  15. pengoordinasian pengelolaan data, pengembangan sistem teknologi informasi/ aplikasi untuk aplikasi yang digunakan lintas bidang pada Dinas;
  16. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;
  17. pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  18. pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf b angka 3 mempunyai tugas:

  1. menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;
  2. melaksanakan pelayanan administrasi umum, kepegawaian, dan ketatausahaan;
  3. mengelola tertib administrasi perkantoran dan kearsipan;
  4. melaksanakan urusan rumah tangga, keamanan kantor dan mempersiapkan sarana prasarana kantor;
  5. menyusun rencana kebutuhan alat-alat kantor, barang inventaris kantor/ rumah tangga;
  6. melaksanakan pengadaan, pemeliharaan sarana, prasarana kantor dan pengelolaan inventarisasi barang;
  7. melaksanakan pencatatan, pengadministrasian dan pengelolaan barang daerah dan aset daerah yang menjadi tanggung jawab Dinas;
  8. melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan Dinas;
  9. mempersiapkan penyelenggaraan bimbingan teknis tertentu dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai;
  10. menyelenggarakan administrasi kepegawaian dan penempatan pegawai non struktural dan fungsional;
  11. menyusun bahan pembinaan kedisiplinan pegawai;
  12. menyiapkan dan memproses usulan pendidikan dan pelatihan pegawai;
  13. mengelola informasi dan dokumentasi dan pelaksanaan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi pembantu melalui website maupun permintaan data langsung;
  14. menyusun tatalaksana dan Standar Pelayanan penanganan pengaduan dan pemberian informasi,
  15. melaksanakan tugas kehumasan dan keprotokolan;
  16. memfasilitasi penyusunan dan pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Standar Pelayanan Publik (SPP), Maklumat Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);
  17. mengkoordinasikan kegiatan pemberian pelayanan dalam pengelolaan dan pemanfaatan peralatan dan perbengkelan;
  18. memberikan pelayanan teknis peralatan dan perbengkelan yang meliputi pembinaan, pengawasan dan pengendalian dalam pelaksanaan pekerjaan penyewaan peralatan, komponen jalan, pemeliharaan dan perbengkelan umum;
  19. melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan harmonisasi pelaksana pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan dan pemanfaatan penyewaan peralatan, komponen jalan, pemeliharaan dan perbengkelan umum;
  20. menyusun dan memelihara kepustakaan;
  21. membuat pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi;
  22. melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  23. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

SOP

SOP Sub Bagian Umum & Kepegawaian

Konten kelompok fungsional

  • Permintaan Informasi Publik
  • Pengaduan Masyarakat

Pimpinan

Sarnu, S.Sos., M.M.

Sekretaris Dinas

"If you haven't found it yet, keep looking. Don't settle. As with all matters of the heart, you'll know when you find it. And, like any great relationship, it just gets better and better as the years roll on"

Sarnu, S.Sos., M.M.


Alamat Kantor



Jl. Gajahmada No. 67, Bangunsari Ponorogo



Profil Bidang Lainnya


Galeri Kegiatan

Dokumentasi kegiatan dilingkup Sekretariat DPUPKP Ponorogo

Profil Pejabat

Berikut adalah profil pejabat di Sekretariat DPUPKP Ponorogo

Sarnu, S.Sos., M.M.
Sekretaris Dinas
196708091990011002
Pembina (IV a)
Jl. Gajahmada No. 67 Ponorogo

Eka Sila Ifama, S.H.
Kasubbag Umum & Kepegawaian
198308012011012014
Penata Tingkat I (III d)
Jl. Parang Ukel No. 8 Ponorogo

Berita / Informasi

Informasi aktifitas kegiatan di lingkup Sekretariat DPUPKP Ponorogo